panduan memilih oli

Posted on February 19, 2008. Filed under: car |

Dengan hormat,

Sebelumnya kami mohon perkenan Bapak/Ibu/Sdr/Sdri untuk menyampaikan informasi yang semoga bermanfaat. Salam kenal dan salam Sukses! Terima kasih.

Sejauh mana anda mengenal pelumas / oli yang sering anda pakai untuk ganti oli setiap 2-3 bulan atau bahkan tiap bulan pada kendaraan anda?

Kebanyakan dari kita memilih oli hanya berdasarkan parameter SAE yang disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan kita yang biasanya tertulis 5W50, 15W50, 15W40, dst. padahal ada hal lain yang tak kalah penting untuk mengetahui KUALITAS dari pelumas yang kita gunakan yaitu sertifikasi API (American Petroleum Institute), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d’ Automobiles), ILSAC (Eropa), JASO (Japan Automotive Standard Organization) dan beberapa sertifikasi lain yang dikeluarkan khusus oleh perusahaan manufaktur/produsen untuk melegitimasi penggunaan pelumas tersebut atau yang berarti bahwa pelumas tersebut telah diuji dan dinyatakan disetujui atau approved oleh produsen untuk digunakan pada kendaraan produksi mereka.

FUNGSI OLI

Pada umumnya kita beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin. Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain sebagai Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada Dinding Mesin.

Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat berkaitan, sebagai Pelumas, Oli akan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin bergerak lebih halus, sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal.
Selain itu Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar yang mencapai 1000-1600 derajat Celcius ke bagian lain mesin yang lebih dingin.

Dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume maupun kebutuhan mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan semakin kecil, namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi pompa oli.

Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus mencegah timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu yang lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam pelumas berfungsi sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar terbuang saat pergantian oli.

MEMILIH OLI

Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tentunya akan membuat kita sedikit bingung, karena semua produsen oli pasti mengatakan oli mereka yang paling bagus. Namun ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan acuan antara lain, kenali karakter kendaraan anda, spesifikasi mesin serta lingkungan dimana mayoritas anda berkendaraan (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.).

PERHATIKAN PERUNTUKAN DAN KUALITAS PELUMAS

Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin, atau diesel, 2 tak atau 4 tak, peralatan industri, dan sebagainya.

Kualitas dari oli sendiri pada umumnya ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. Contoh API: SL, kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua menunjukkan nilai kualitas oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan kebutuhan mesin modern.

Ada dua kelompok kategori API service yaitu:

1. Kategori API Service untuk pelumas kendaraan berbahan bakar bensin

2. Kategori API Service untuk pelumas kendaraan bermesin diesel

API SERVICE PELUMAS MESIN MOBIL BERBAHAN BAKAR BENSIN

– SL = dapat dipakai untuk semua mesin mobil berteknologi baru
dan sebelumnya. Diperkenalkan pada tanggal 1 juli 2001, Pelumas berkategori SL dirancang untuk memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik dan dirancang untuk penggunaan pelumas yang lebih irit. Pada beberapa oli telah memenuhi sertifikasi ILSAC atau kualifikasi sebagai hemat energi

– SJ = untuk mesin kendaraan tahun 2001 dan sebelumnya

– SH = untuk mesin kendaraan tahun 1996 dan sebelumnya

– SG = untuk mesin kendaraan tahun 1993 dan sebelumnya

– SF = untuk mesin kendaraan tahun 1988 dan sebelumnya

– SE = untuk mesin kendaraan tahun 1979 dan sebelumnya

– SD = untuk mesin kendaraan tahun 1971 dan sebelumnya

– SC = untuk mesin kendaraan tahun 1967 dan sebelumnya

– SB dan SA = sudah tidak direkomendasikan

API SERVICE PELUMAS MESIN MOBIL DIESEL

– CI-4 = Diperkenalkan pada tanggal 5 september 2002, untuk
mesin 4T, kecepatan tinggi. Diformulasikan untuk mempertahankan daya tahan mesin. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, CG-4 dan CH-4

– CH-4 = Diperkenalkan pada tahun 1998, untuk mesin 4T,
kecepatan tinggi. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, dan CG-4

– CG-4 = Diperkenalkan pada tahun 1995, untuk mesin 4T, beban
berat, kecepatan tinggi yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur 0.5%. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, dan CF-4

– CF-4 = Diperkenalkan pada tahun 1990, untuk mesin 4T kecepatan
tinggi dengan turbo charger maupun gas buang biasa. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, dan CE

– CF-2 = Diperkenakan tahun 1994, untuk mesin beban berat 2T,
Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD-II

– CF = Diperkenalkan pada tahun 1994, untuk kendaraan off-road,
mesin diesel indirect-injection dan mesin diesel lainnya yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur diatas 0.05%. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD

– CE = Diperkenalkan pada tahun 1987, untuk mesin 4T, kecepatan
tinggi dengan turbo charger maupun gas buang biasa. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CC, dan CD

– CD-II = Diperkenalkan pada tahun 1987 untuk mesin 2T

– CD Diperkenalkan pada tahun 1955. Untuk mesin turbocharger
maupun gas buang biasa

– CC = untuk mesin yang diperkenalkan pada tahun 1961

– CB dan CA = sudah tidak direkomendasikan

API SERVICE PELUMAS MESIN SEPEDA MOTOR

Untuk API Service mesin sepeda motor hampir sama dengan API Service pada mobil yaitu menggunakan kode S, tapi sampai saat ini API Service tertinggi yang beredar baru sampai SJ.

Disamping API Service, pada umumnya oli sepeda motor juga memiliki sertifikasi JASO yang dikeluarkan oleh organisasi standar otomotif Jepang. Terdapat beberapa kategori:

Kode F: keluar sekitar awal tahun 90-an dimulai dengan kode FA lalu FB dan saat ini yang tertinggi FC. Peruntukkannya untuk oli samping. JASO FC terbuat dari bahan baku semi synthetic sehingga asapnya tipis (low
smoke) bahkan hampir tidak ada asap sama sekali (smokeless). Oli dengan JASO FC juga termasuk low emission karena debu gas buang sisa pembakaran lebih rendah dibanding JASO FB sehingga lebih ramah lingkungan. Kelebihan lain yaitu dapat meminimalisir tebentuknya kerak khususnya pada busi, puncak piston, kepala silinder hingga knalpot.

Kode M: merupakan sertifikasi baru dan saat ini baru ada kode MA.
Peruntukkannya untuk oli mesin (motor 4 tak). Oli yang memiliki sertifikasi JASO MA berarti oli tersebut sudah didukung kandungan aditif antislip kopling.

API SERVICE GANDA

Pada sebagian besar oli mobil biasanya API Servicenya ada dua. Sebagai contoh API SL/CF. Artinya: API yang pertama menunjukkan penggunaan utama oli tersebut yaitu pada mesin bensin dengan kualifikasi SL namun dalam kondisi darurat oli tersebut masih dapat digunakan pada mesin diesel dengan kualifikasi CF. Demikian pula sebaliknya.

PILIH KEKENTALAN PELUMAS YANG TEPAT

Tingkat kekentalan pelumas yang juga disebut “Viscosity-Grade” adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu

Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut.

Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun.
Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE.

PETUNJUK SAE GRADE PELUMAS MOTOR UNTUK KENDARAAN PENUMPANG

Grade Pelumas terbagi atas singlegrade / monograde seperti SAE 15 dan SAE 50 (digunakan pada temperatur ektrim) serta multigrade seperti SAE 5W-50 dan 15W-50 banyak digunakan (kecuali pada temperatur yang sangat panas atau sangat dingin) karena pelumas ini cukup encer untuk mengalir pada temperatur rendah dan cukup kental untuk bekerja secara memuaskan pada temperatur tinggi.

Lebih jelasnya kita gunakan ilustrasi berikut:

Ada 3 Oli, 1 multigrade, 2 monograde

Oli 1 SAE 15 (encer)

Oli 2 SAE 50 (kental)

Oli 3 SAE 15W50 (multigrade)

ketiga Oli tersebut dibawa tempat bersuhu dingin maka:

Oli 1 (SAE 15) akan lebih kental karena dingin

Oli 2 (SAE 50) dapat membeku karena asalnya sudah kental

Oli 3 (SAE15W50) kekentalannya akan sama dengan Oli 1 (SAE15)

Sekarang ketiga Oli tersebut dibawa ke tempat yang bersuhu panas, maka:

Oli 1 (SAE 15) menjadi sangat encer bahkan bisa menguap semua

Oli 2 (SAE 50) menjadi lebih encer

Oli 3 (SAE 15W50) kekentalannya sama dengan Oli 2 (SAE 50)

OLI MINERAL VS OLI SYNTHETIC

Semua oli baik mineral maupun synthetic sama-sama ada standar APInya.

Keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral :

– Lebih stabil pada temperatur tinggi (less volatile)
sehingga kadar penguapan rendah

– Mengontrol/mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin

– Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin

– Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi
gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin

– Tahan terhadap perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama
sehingga lebih ekonomis dan efisien

– Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga dan
mesin lebih dingin

– Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan
mesin dari kerak

Oli mineral biasanya dibuat dari hasil penyulingan sedangkan oli synthetic dari hasil campuran kimia. Bahan oli synthetic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin).

Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL.

Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin-mesin berteknologi terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik (racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna.

Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan mineral oil) atau fully-synthetic.

Oli fully synthetic harganya bisa 2X – 4X lebih mahal dari yang semi synthetic.

Oli semi synthetic harganya bisa 2x lebih mahal dari oli mineral.

Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

PERHATIKAN KEMASAN PELUMAS DAN HINDARI PELUMAS PALSU

Belilah pelumas yang dikemas dengan baik, masih tersegel dengan rapi, terdapat identitas perusahaan dan tujuan penggunaan. Hindari pembelian barang yang sudah cacat kemasannya. Belilah pelumas pada Agen resmi atau di tempat-tempat yang dapat dipercaya menurut anda atau rekomendasi dari rekan anda.

Untuk info lebih lengkap atau ingin mendapatkan info lain silakan klik http://www.krieger1.com

Sekarang anda tentu lebih paham dibanding sebelumnya mengenai kualitas oli. Jadi untuk saat ini oli yang beredar di Indonesia untuk mesin bensin API service SL ke bawah sedangkan untuk mesin diesel API Service CH4 ke bawah. Sebaiknya anda menggunakan oli yang memiliki sertifikasi API yang paling tinggi karena akan memberikan hasil lebih baik bagi kendaraan anda baik dari sisi performa maupun maintenance terhadap kendaraan dalam jangka panjang.

Oli synthetic memang lebih mahal dibanding oli mineral namun kita dapat memilih semi synthetic yang lebih bagus dari oli mineral dan lebih ekonomis dari oli synthetic.

Pada kesempatan ini, kami ingin menginformasikan pula oli yang memiliki kualitas tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi Internasional antara lain ISO 9001, sertifikasi API SL (bensin) API
CH4 (diesel) dan API SJ untuk sepeda motor, ACEA, ILSAC, JASO MA untuk motr 4 tak & JASO FC untuk oli samping (smokeless), dan sertifikasi khusus dari manufaktur/produsen seperti Mercedes-Benz, Volvo, Volkswagen, Corvette, Viper dan masih banyak sertifikasi Internasional lainnya maupun sertifikasi Nasional berupa Nomor Pelumas (NPT) dari Ditjen MIGAS namun memiliki harga yang relatif murah bahkan dapat semakin lebih murah apabila anda menjadi member.

Oli tersebut mereknya KRIEGER baru masuk ke Indonesia akhir tahun 2004 diproduksi oleh Krieger Oil GmBH Stuttgart Germany dan memilki formula andalan yaitu Dipole Action yang telah dipatenkan. Untuk Asia, Lisensi Krieger diberikan kepada Unicorn Oil Singapore yang juga telah berpengalaman 20 tahun dalam bidang produksi dan pemasaran oli.

Krieger memilki kualitas yang sangat tinggi dibuktikan dengan meraih sertifikasi Internasional peringkat terbaik tapi mengapa krieger bisa lebih murah? karena krieger tidak dipasarkan secara tradisional namun melalui Direct Selling, jadi dari Pabrik, oli langsung didistribusikan ke Agen / Member / konsumen akhir.

Disamping kualitas yang terbaik, harga yang murah KRIEGER juga menawarkan peluang usaha sampingan / utama bagi kita sebagai member.
Keuntungan yang kita dapatkan adalah diskon produk mulai 25% sampai 40% juga bonus s.d. 15% dari omzet.

Namun bila anda hanya ingin mendapatkan harga yang murah pun tanpa menjalankan kesempatan bisnis it s ok. Anda tetap mendapatkan diskon awal 25% dan meningkat sampai 40% berdasarkan akumulasi pembelian anda.

Silakan klik http://www.krieger1.com untuk melihat jenis produk yang kira-kira sesuai dengan jenis kendaraan anda. Anda 6 Jenis terdiri atas 1 Oli synthetic. Untuk mesin bensin, 2 oli semi synthetic untuk mesin bensin dan diesel, 1 oli synthetic untuk motor 4tak, 1 oli synthetic untuk motor 4tak, 1 oli samping synthetic untuk motor 2tak, dan 1 oli samping biasa.

Untuk menjadi member syaratnya cukup mudah dan ringan, kita hanya cukup belanja sebesar Rp 1 juta dan mendapatkan 2 box oli isi 4 lusin / 48 botol oli yang dapat kita pilih. Keanggotaan bersifat seumur hidup, cukup sekali daftar dan berlaku selamanya. Rinciannya Rp 900 Ribu adalah oli yang sudah diskon 25% atau nilai oli yang anda dapatkan adalah Rp 1,2 Juta plus Rp 100ribu berupa bisnis kit yang terdiri atas buku panduan, cd, brosur dan kartu nama. Untuk belanja selanjutnya BEBAS jumlahnya tidak sistem paket lagi. Mau beli 1 atau 2 botol silakan.

Lalu untuk apa oli sebanyak itu bila saya hanya ingin dapat diskon tapi tidak ingin bisnis?

Karena sifatnya oli yang tidak peka waktu maka kita bisa menyimpannya atau kita bisa memberikannya kepada keluarga atau rekan-rekan kita.
Kita sering memberi hadiah kepada orang lain dalam bentuk buah atau bunga, dengan memberikan oli mungkin menjadi cukup unik?!

Misalnya kita punya 2 buah mobil, satu mobil ganti oli setiap 2 bulan sekali, sekali ganti 4 liter berarti dalam setahun kita mengkonsumsi 2x4x6= 48 botol oli .

Tak terasa bukan??? Padahal harga oli senantiasa naik mengikuti tingkat inflasi dan harga BBM. Di KRIEGER semakin lama anda pakai akan semakin MURAH. Kok bisa? Ya karena diskonnya akan semakin naik.

Anda punya kartu klub Matahari? Alfa? atau klub belanja lainnya, rata-rata diskon bersifat flat dan sangat jarang kita mendapat diskon yang semakin naik, tapi di KRIEGER anda akan mendapat itu. Tidak ada kewajiban belanja bulanan atau pembelian minimum, dan keanggotaan bersifat seumur hidup, plus peluang mendapatkan income dan training gratis untuk pengembangan diri, dsb.

Dengan menjadi member dapatkan pula jenjang karir mulai Agen, Leader, Manager dan Direktur. Sebagai member, Anda bebas memilih apakah hanya ingin mendapatkan diskon s.d 40% atau serius menjalankan bisnis krieger. Saat ini PT. Krieger Retailindo (anak usaha Unicorn Oil
Singapore) membuka kesempatan seluas-luasnya kepada anda untuk menjadi Agen Distributor atau membuka Stokis di seluruh Indonesia. Anda yang pertama kali tahu jadi manfaatkan info ini sebaik-baiknya. Terima Kasih. Salam Sukses!

Kualitas TERBAIK, Harga Yang Semakin MURAH plus PELUANG USAHA…
itulah yang KRIEGER Tawarkan.

Segera hubungi representatif kami (call/sms)

Atau kunjungi website kami di http://www.krieger1.com

Best Regards

Ary

Krieger Distributor Manager

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 26,146 hits

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: