PEREDAMAN, APAKAH PERLU?

Posted on June 2, 2008. Filed under: car |

Stereo Guide

Stereo Guide Education: PEREDAMAN, APAKAH PERLU?

Sound Deadening, sound proofing atau sound absorbing, lebih familiar jika disebut sebagai peredam. Tentunya berpengaruh besar terhadap tingkat getar dan kebisingan.

Peredam, berasal dari kata redam yang sama artinya dengan menahan, menyurutkan atau meminimalisasi. Banyak bidang di dunia ini yang dapat diredam, berhubung OS majalah yang mengulas masalah otomotif khususnya car stereo, jadi akan memfokuskan peredaman ini hanya pada sector peredaman dalam kendaraan. Awalnya mari kita pisahkan antara peredam pada kendaraan secara umum dan peredam khusus untuk car stereo kendaraan OS mania. Tapi patut digaris bawahi, keduanya ada hubungan yang sangat erat.

Rata-rata mobil keluaran terbaru khususnya kendaraan murah meriah kita ketahui mempunyai ketebalan plat yang lebih tipis dibanding dengan mobil mewah. Secara otomatis vibrasi suara dari luar kabin masuk kedalam dan dengan mudah menerobos ke interior dalam bentuk suara bising yang kita dengar. Mobil ini juga hanya mengandalkan selembar plastik tipis sebagai ‘barrier’ dibalik door panel dan jumlah peredam suara yang sangat minim. Hal semua ini menyebabkan tingkat kebisingan interior mobil lebih tinggi.

Dari situlah timbul berbagai produk yang menawarkan peredam dengan promosinya yang beraneka ragam. Untuk hal tersebut alangkah baiknya jika OS mania sedikit mengetahui tentang peredam ini. Ada 3 tipe peredaman, yaitu peredam getar, peredam panas dan peredam suara. Dalam hal ini kita fokuskan kedalam peredaman getar dan suara.

Prinsip utama dari peredam kendaraan adalah untuk menahan semua hal menggangu yang datang kedalam kabin, baik suara hujan, bisingnya mesin kendaraan terutama yang bermesin diesel ataupun bunyi ban diatas aspal pada saat berkendara. Setidaknya ada beberapa titik yang harus diperhatikan dalam memasang peredam. Semisal di pintu, lantai, spakbor, sisi dalam atap, bagasi maupun dinding mesin. Perlu diperhatikan pula, semakin tebal peredam, suara yang diredam semakin besar. Tapi tentunya perlu diperhatikan bobot kendaraan akan bertambah berat jika semakin banyak menggunakan peredam. Tinggal tergantung kebutuhan pemilik mobil yang mendambakan ketenangan di interior mobil.

Fungsi Peredaman Dalam Car Stereo
Keuntungan dari peredam suara tidak hanya ketenangan yang didapati, tapi juga sangat membantu perbaikan suara untuk sebuah Car Stereo System. Pemasangan peredam yang baik dan benar dapat menggurangi suara bising antara 3 sampai 8 dB. Kendaraan dalam keadaan berhenti, dengan volume suara 25% telah terasah cukup. Hanya saja jika mobil dijalankan dengan kecepatan 80 km/h atau lebih, volume tersebut akan terasa mengecil.

Banyak yang mengatakan bahwa pondasi yang kuat dalam kendaraan sebagai senjata pendukung untuk menghasilkan suara yang baik. Yang dimaksud pondasi disini ialah body kendaraan yang solid, rigid dan terbebas dari resonansi atau dapat dikatakan hening.

Menurut Andre, pakar car stereo dari Audio Plus dalam web sitenya menuliskan, didalam car stereo system prinsip utama dari peredam ini adalah untuk menahan semua getaran di luar speaker, yang mengakibatkan fase berlawanan (out of phase) terhadap speaker. Artinya setiap getaran di body mobil atau di panel mobil mengganggu suara yang direproduksi oleh speaker. Semakin minim getaran bodi dan panel mobil maka semakin baik suara yang terdengar. Peredaman dalam car stereo hubungannya dengan treatment terhadap akuistik kendaraan.

Berdasarkan prinsip tersebut, getaran di bodi dan panel mobil harus diminimalkan dengan cara ‘diredam’. Material yang digunakan disebut ‘peredam getar’. Sehebat-hebatnya teknik peredaman, tetap saja masih ada getaran yang terjadi. Oleh karena itu, digunakan peredam suara untuk mengurangi kekencangan suara dari getaran tersebut yang sampai ke pendengar.

Jenis Peredam
Ada 2 macam peredam, yang pertama yaitu peredam getar. Fungsi peredam getar adalah mengurangi getaran panel (besi/kayu/beton) sehingga transmisi noise dari satu area kearea lainnya berkurang. Gelombang suara dari speaker dengan energy yang besar beradu dengan bidang plat di door trim secara teori akan menyebabkan feed back yang menjadikan sumber suara lain disamping speaker. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas suara yang diinginkan.

Prinsip kerjanya adalah menyatu dengan panel dan memperkokoh panel sehingga intensitas getaran panel berkurang. Semakin tebal peredam getar maka panel akan semakin kokoh dan semakin berkurang getarannya. Oleh karena itu seringkali peredam getar ditumpuk-tumpuk untuk meningkatkan efektivitas. Bahan peredam getar umumnya adalah bahan yang dibuat dari aspal (asphaltic material).

Yang kedua yaitu peredam suara, fungsi peredam suara adalah mengurangi intensitas suara dari resonansi panel yang sampai ke telinga. Prinsip kerjanya adalah mengubah energi gerak (getaran) menjadi energi panas akibat tumbukan molekul-molekul dalam bidang peredam suara. Bahan peredam suara umumnya adalah material yang bersifat lembut dan berpori seperti busa, glasswool, rockwool, dacron, dan sejenisnya. Selain itu, kita bisa menggunakan expanding foam (busa PU) yang dicampur 1:1 untuk mengisi kekosongan celah / rongga di mobil. Misalnya di antara trim pintu (plastik) dan besi pintu bagian dalam.

Untuk sekedar informasi, merek-merek peredam yang beredar di pasar Indonesia saat ini adalah Dynamat, Automat, Checkmat, Accumat dan Husmat. Sekaligus dibawah ini titik-titik yang perlu untuk dipasang peredam dalam kendaraan.

Sumber: OTOSTEREO 59, January 2008

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 21,729 hits

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: