Tips Hemat BBM

Posted on June 4, 2008. Filed under: car |

Tips Hemat BBM

Kapanlagi.com – Disaat harga BBM tidak mungkin turun, Anda harus mencari solusi agar kocek Anda tidak terlalu boros untuk menggunakan dan merawat mobil. Tips berikut ini pantas Anda simak:

1. Jika Anda sedang mencari mobil baru – pikirkan lebih dulu.

2. Gunakan perbandingan untuk menilai hemat tidaknya bahan bakar supaya Anda mendapatkan jenis mobil paling efektif bahan bakarnya.

3. Jangan terpaku pada roda yang nyaring. Pastikan kondisi roda mobil Anda bagus. Roda yang pemasangannya tidak pas atau terlalu dibuat-buat bisa membuat mobil Anda boros bensin.

4. Jaga agar mobil tetap dingin – Tapi jangan bakar semua bensin ketika mobil Anda memanas. AC menghabiskan bahan bakar, jadi sebaiknya jangan terlalu sering menyalakan AC. Mobil dengan eksterior dan interior lebih ringan memiliki temperatur lebih rendah dan tentunya mengurangi kebutuhan AC yang juga memerlukan bahan bakar.

5. Jaga kecepatan. Kecepatan optimal untuk efisiensi bahan bakar adalah 55 mil per jam. Ketika mengemudi di jalan terbuka, Anda harus tetap pada kecepatan 55 mil per jam.

6. Jangan terlalu membebani mobil — makin berat mobil Anda makin banyak bensin yang akan dihabiskan. Kendaraan SUV dan truk yang memiliki mesin lebih besar biasanya membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Jadi lebih baik Anda hindari memenuhi bagasi mobil untuk menjaga beban mobil dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

7. Anda sebaiknya bepergian secara kelompok dan naik kendaraan umum kapanpun memungkinkan. Jika jarak ke tempat tujuan lebih dekat, bersepeda atau jalan kaki tentunya menghemat bahan bakar sekaligus memberi kesempatan Anda menikmati hangatnya sinar matahari.

8. Berhentilah berputar-putar! Lebih baik Anda suruh seseorang untuk melakukan tugas-tugas yang tidak penting supaya mengurangi jumlah perjalanan Anda.

9. Perlahan namun konstan akan memenangan perlombaan. Melaju dan mengerem secara tiba-tiba mengganggu penghematan bensin secara optimal.

10. Sebaiknya menambah kecepatan secara berangsur dan berhenti perlahan-lahan.

11. Membiarkan mesin tetap hidup ketika berhenti menghabiskan lebih banyak bensin dari pada menghidupkan kembali. Jadi sebaiknya Anda matikan mesin mobil Anda pada situasi seperti ini.

12. Pengemudi yang menggunakan transmisi manual sebaiknya tetap menggunakan persneling tinggi begitu mereka melaju cepat untuk memanfaatkan bensin sebaik mungkin.

13. Rawat dan serviskan mobil Anda secara teratur. Busi yang aus, rem yang tidak berfungsi bagus, dan cairan transmisi yang rendah semua bisa mengganggu efisiensi bahan bakar mobil. (*/tutut)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 26,146 hits

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: